Minggu, 09 Oktober 2011

Klasifikasi

Klasifikasi Dalam Jaringan Komputer. Ada dua model/tipe dasar jaringan komputer yaitu: jaringan peer-to-peer atau jaringan client/server. Jaringan peer-to-peer adalah jaringan dimana komputer-komputer saling mendukung sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama, Sumber daya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayanipermintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak. Bisa dibayangkan apabila ternyata ada banyak komputer yang tiba-tiba meminta beberapa file dari satu komputer yang sama.
Model yang lain , jaringan client/server, pada model ini ada satu komputer yang disiapkan menjadi pelayan(server) dari komputer lainnya(client). Semua permintaan layanan sumber daya dari komputer client harus dilewatkan ke komputer server, komputer server ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi server, sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-server,print-server,database server dan sebagainya. Tentu saja konfigurasi komputer server biasanya lebih dari konfigurasi komputer client baik dari segi kapasitas memori, kapasita hardisk maupun kecepatan prosesornya.
Jaringan dapat pula dibedakan berdasarkan cakupan areal layanan(menurut geografis) menjadi:
  • Jaringan lokal(LAN / Lokal Area Network)
  • Jaringan Kampus(CAN / Campus Area Network)
  • Jaringan kota(MAN / Metropolitan Area Network)
  • Jaringan Luas(WAN / Wide Area Network)
Jaringan lokal(LAN) adalah jaringan dengan cakupan areal terbatas pada satu lokasi, misalnya dalam satu ruangan, satu gedung, atau beberapa gedung yang sangat berdekatan. LAN pada umumnya menggunakan media transmisi berupa kabel, seperti kabel UTP(Unshielded Twisted Pair) pada jarak maksimum 100 meter, kabel koaksial hingga 500 meter,bahkan Serat optik (fiber optic) dalam jarak lingkar 3 kilometer.
Jaringan kampus (CAN) adalah jaringan perluasan LAN sehingga mencakup satu kampus yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak lebih dari beberapa ratus meter. Kabel transmisi yang digunakan adalah Coaxial atau serat optik.
Jaringan kota(MAN) adalah perluasan LAN dan CAN sehingga mencakup areal satu kota, dapat mencapai jarak rentang antara 10 – 45 kilometer, Media transmisi kabel adalah serat optik.
Jaringan luas(WAN) adalah jaringan antar kota, antar propinsi, antar negara bahkan antar benua, bentangannya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua Bank di Indonesia. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.

0 komentar:

Posting Komentar