Minggu, 09 Oktober 2011

komponen-komponen yang ada di jaringan komputer

Interfaces Jaringan

Setiap perangkat pada jaringan harus memiliki Interfaces jaringan beberapa desain. Interfaces jaringan kadang-kadang disebut sebagai NIC (network interface card) dan dapat diintegrasikan ke dalam motherboard komputer atau mungkin kartu terpisah. NIC adalah komponen yang mengambil informasi dari komputer dan mengirimkannya keluar ke kabel jaringan, atau ke udara dalam kasus jaringan nirkabel.

Hub

Ketika Anda menghubungkan beberapa komputer pada jaringan, mereka terhubung satu sama lain ke dalam sebuah perangkat pusat yang disebut hub. Dalam kasus hub dasar, sinyal dari satu komputer yang dikirimkan ke semua komputer lain pada hub,
dan setiap NIC memutuskan apakah akan meneruskan informasi ke komputer atau hanya tertutup jika bukan penerima yang dimaksud.

Switch

Switch hub yang benar-benar cerdas,  switch mampu membangun tabel yang bersaing dengan yang komputer yang port switch. Dengan kecerdasan ini, switch tidak mengirimkan semua informasi ke semua komputer lain pada switch, hanya untuk komputer tujuan. Teknologi switching membantu untuk mengurangi kemacetan pada jaringan dan harus digunakan untuk jaringan 10 atau lebih komputer.

Router

Router switch benar-benar cerdas dalam bahwa mereka merespon jaringan lain, sementara hub dan switch hanya merespon jaringan terhubung dengannya. Router digunakan untuk menghubungkan satu jaringan area lokal (LAN) ke yang lain,melintasi jarak yang jauh melalui operator data komersial. Cara lain router pintar adalah mereka secara dinamis dapat memperbarui informasi routing mereka, mendeteksi ketika satu rute ke jaringan sedang down, dan memeriksa untuk melihat apakah rute lain tersedia.

Media (Kabel)

Tentu saja, tidak satupun dari perangkat jaringan bekerja dengan baik kecuali mereka saling terhubung satu sama lain, dan yang dilakukan dengan berbagai media. Media yang paling mana-mana yang biasa disebut kabel  Ethernet, yang sebenarnya adalah salah satu dari beberapa kategori unshielded twisted pair (UTP) kabel. Nilai tinggi kabel – yaitu, CAT5, Cat6, Cat7 – semakin tinggi bandwidth kabel dapat mendukung. Selain itu, ada kabel fiber optik, yang lebih mahal dan menggunakan laser atau LED cahaya dari pada pulsa elektrik. Nirkabel telah menjadi populer di rumah karena kemudahan
dan biaya rendah mengatur jaringan. “Media” untuk jaringan nirkabel adalah udara, melalui NIC nirkabel yang mengirimkan sinyal radio yang membawa informasi.

Software Perangkat Lunak

0 komentar:

Posting Komentar